Selamat datang di Blog saya

Semoga Bermanfaat!!.

Minggu, 28 Juli 2019

Sistem Asuransi Kesehatan Syariah dan Beragam Manfaatnya


Sistem Asuransi Kesehatan Syariah dan Beragam Manfaatnya

Asuransi kesehatan syariah merupakan suatu sistem asuransi yang memberikan pertanggungan atas risiko kesehatan nasabah. Akadnya adalah tolong menolong antar peserta melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi risiko yang disebut premi. Tidak dipungkiri, kini banyak peminat asuransi kesehatan berbasis syariah ini. Dari masa ke masa, masyarakat semakin tertarik.

Sistem dalam Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi merupakan suatu pertanggungan atas suatu risiko yang mengikat antara pihak tertanggung dan penanggung. Sebagai pihak tertanggung, setiap nasabah diwajibkan untuk membayar uang pertanggungan yang selanjutnya disebut premi. Produk asuransi disesuaikan dengan jenis risiko yang ditanggung. Asuransi kesehatan adalah salah satu jenisnya.

Berdasarkan sistem yang dijadikan pedoman, terdapat asuransi kesehatan berbasis syariah yang tergolong produk baru dalam perekonomian dibandingkan asuransi konvensional. Perbedaannya adalah sistem syariah tidak menggunakan suku bunga, tetapi menggunakan prinsip bagi hasil.

Dalam penerapannya, akad dalam asuransi syariah juga menggunakan akad tabarru’ atau tolong menolong. Jadi, terdapat persentase dana yang dialokasikan untuk tolong menolong antar nasabah untuk kepentingan penanggungan risiko. Dalam hal ini, risiko kesehatan dapat didanai dengan persentase premi yang disebut dana tabarru’.

Dengan demikian, jika tidak terjadi risiko, dana tabarru’ tersebut tidak bisa diambil kembali saat masa pertanggungan habis. Hal itu dikarenakan dana tabarru’ sudah diniatkan untuk tolong menolong antar nasabah yang mengalami risiko. Akad untuk tolong menolong tersebut merupakan poin penting dalam sistem asuransi syariah. Dengan demikian, jiwa sosial juga akan meningkat.

Berbeda dengan dana yang sebagiannya lagi, premi selain dana tabarru’ akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi dan keuntungannya akan dibagikan sesuai kesepakatan. Dana pokok yang diinvestasikan tersebut juga akan dikembalikan di akhir saat masa pertanggungan habis, meskipun selama itu nasabah yang bersangkutan tidak mengalami suatu risiko.

Beragam Manfaat Punya Asuransi Kesehatan Syariah

Sama halnya asuransi kesehatan konvensional, asuransi kesehatan syariah merupakan produk pertanggungan atas risiko kesehatan. Dana asuransi yang dibayarkan nasabah dalam bentuk premi setiap periode ini merupakan suatu sarana persiapan dana jika suatu saat mengalami risiko kesehatan. Persiapan tersebut penting mengingat biaya pemeriksaan dan pengobatan tidak murah.

Manfaat berikutnya dari sistem asuransi kesehatan berbasis syariah ini adalah niat untuk saling tolong menolong antar nasabah. Jadi, terdapat dana tabarru’ yang sejak awal sudah diniatkan untuk menanggulangi risiko saja dan tidak bisa diambil ketika tidak mengalami risiko. Jadi, Anda sudah terhitung berniat baik dan beramal dalam rangka membantu sesama yang membutuhkan.

Dengan mengikuti program asuransi kesehatan, Anda akan merasa tenang menjalani kehidupan. Pasalnya, sudah ada usaha untuk mengumpulkan dana khusus penanganan risiko kesehatan yang biayanya tidak murah. Dalam hal finansial, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari hasil investasi sebagian premi selain dana tabarru’. Keuntungan ini dibagi berdasarkan persentase.

Lalu, bagaimana jika terdapat kasus penunggakan pembayaran premi? Anda tidak perlu cemas soal itu. Anda akan mendapatkan perlindungan atas premi yang sebelumnya sudah dibayarkan. Jadi, dana yang sudah dibayarkan sebelumnya akan tetap aman dan tidak diberlakukan potongan sebagai sanksi. Karenanya, Anda bisa lebih tenang dan tinggal membayarkan premi berikutnya. Namun bukan berarti Anda jadi bebas menunggak pembayaran premi ya, karena tetap saja ada batas waktu hingga polis asuransi Anda dinyatakan collapse karena tidak membayar premi.

Sistem asuransi kesehatan syariah memang diutamakan untuk saling membantu antar peserta. Pertanggungan atas risiko kesehatan ini sangat bermanfaat untuk memberikan perlindungan kepada nasabah atas biaya pengobatan. Berbagai poin penting dalam asuransi kesehatan berbasis syariah juga harus diperhatikan agar mampu menentukan premi dan tenor yang paling sesuai.

0 komentar:

Posting Komentar